Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara membuat blog di blogger untuk pemula


cara membuat blog

Cara membuat blog di blogger untuk pemula, bisa dilakukan dengan mudah. Jika dilakukan dengan benar, blog yang kita kelola bisa sukses dan kita pun bisa mendapatkan uang dari blog.

Semua orang bisa membuat blog, apalagi jika menggunakan blogger, sangat mudah sekali. Selain mudah, tidak perlu mengeluarkan biaya alias GRATIS.

Coba cermati 2 fakta berikut ini :
  1. Cara membuat blog menarik, sangat mudah.
  2. Cara membuat blog yang menghasilkan uang, tidak mudah.

Penyebab blogger pemula berhenti ngeblog :


Biasanya blogger baru akan merasa frustasi dan akhirnya berhenti di tahun pertama, karena tidak mempunyai pengunjung blog. Untuk itu perlu yang namanya perencanaan konten, agar blog yang dikelola bisa berkembang.
  1. Tidak fokus pada satu niche/topik
  2. Membuat konten asal-asalan.
  3. Tidak melakukan optimasi pada blog.
  4. Tidak menentukan target pengunjung secara jelas
Alhasil, artikel tenggelam di halaman belakang google dan tidak mendapatkan pengunjung blog alias gak punya trafik.

Buat yang belum punya blog sebaiknya bikin dulu perencanaan konten secara matang. Buat yang sudah punya blog tapi tidak berkembang, ada baiknya sesuaikan blog seperti pada panduan ini.

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat blog di blogger, ada yang harus kita persiapkan dulu dengan matang. Bagian ini sangat penting karena akan berpengaruh terhadap kesuksesan blog yang akan kita buat.

Cara membuat blog fokus niche


Salah memilih topik blog, niscaya blog kamu akan susah berkembang. Khususnya blogger pemula, pasti mengalami persoalan ini. Untuk itu tentukan topik yang tepat untuk blog sesuai dengan minat dan passion yang kamu miliki.

Banyak topik yang bisa kita pilih dan kita kembangkan di blog. Misalnya topik tentang makanan, traveling, teknologi, lifestyle, pendidikan, dan sebagainya.

Kenapa penting menentukan topik blog, agar tulisanmu bisa fokus dan gak kehabisan ide untuk menulis artikel. Nanti saya jelaskan kenapa penting melakukan fokus niche/topik.

Memilih platform blogging


Banyak blogger pemula yang kebingungan sewaktu menentukan mau menggunakan platform blog. Meskipun sebenarnya banyak pilihan yang bisa digunakan, saya sarankan gunakan platform blogger saja untuk pemula seperti kita.

Selain mudah pengoperasiannya, cara membuat blog di blogger 100% GRATIS. Selama belum bisa menghasilkan uang dari blog, kita pakai yang gratis-gratis saja.

Nanti kalau sudah mendapatkan uang dari blog, mau pakai yang berbayar ya ayo saja. 

Menentukan tempat membeli domain


Ada banyak layanan penyedia domain yang bisa kita pilih. Bisa di rumahweb, hostinger, domainesia, niagahoster, indowebsite, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saya merekomendasikan daftar domain di rumahweb.com, sangat terpercaya dan CS nya sangat membantu. Cara membeli domain sangat mudah dan cepat.

Untuk hosting, karena kita menggunakan blogspot, akan langsung di hosting di google. Jadi tidak perlu repot membeli hosting. Salah satu keuntungan menggunakan platform blogger, hostingnya gratis.

Memilih nama domain


Memilih nama domain yang sesuai dengan topik blog sangat dianjurkan. Jangan sampai topik blog mu membahas tentang ikan hias, tapi nama domain yang kamu pakai simulasikredit,com. Ini gak nyambung.

Sebaiknya, kalau topikmu soal ikan hias, kamu pilih nama domainnya yang masih berhubungan dengan ikan hias. Misalnya, ikanhiascantik,com.

Nah, untuk ekstensi domain atau akhiran nama domain, ada bermacam-macam. Ada .com, .net, .site, .club, .online, dan lain-lain. Masing-masing ekstensi domain ini memiliki tujuan atau fungsi tertentu. Untuk itu ketahui pengaruh ekstensi domain terhadap search engine dan trafik blog.

Langkah langkah membuat Blogger


Jika semua persiapan diatas sudah kita lakukan, langkah selanjutnya adalah mulai membuat blog. Membuat akun blog di blogger, bisa dilakukan dengan mudah, gak sampai 5 menit langsung jadi.

Syaratnya, siapkan akun gmail yang aktif untuk mendaftar. Di panduan ini saya menggunakan blogger sebagai platform blog. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Bisa gak sih, membuat blog di hp? Bisa banget dong. Caranya sama dengan membuat blog di laptop atau di komputer. Jadi, melalui hp, komputer pc maupun laptop, caranya semuanya sama Sangat mudah pakai banget, hehe.

Bisa lihat dari video dibawah ini, cara membuat blog di hp.



Cara membuat blog menarik


Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah penggunaan template blog. Sebenarnya bebas saja kalau mau menggunakan template bawaan blogger, tapi ya seperti itu tampilannya, sangat terbatas dan tidak seperti tampilan blog dengan template premium.

Ada banyak template untuk blogger yang bisa didapat baik yang gratisan maupun yang berbayar. Untuk pemula, gunakan template gratisan dulu saja. Cara mengganti template blog sangat mudah dilakukan, bahkan oleh pemula.

Nanti kalau blog sudah jalan, trafik sudah mulai ada, baru wajib ganti template dengan yang premium. Supaya tampilan blog mu jadi lebih menarik.

Bedanya apa antara template gratisan dengan template premium? Kalau template gratisan, credit link nya gak bisa di hapus, akan nempel terus di template. Jika kamu hapus, bisa eror tuh template.

Cara membuat blog dengan domain TLD


Nah, tahap selanjutnya setelah blog di blogger kita sudah jadi, segera ganti nama domain bawaan blogger dengan nama domain yang sudah kita beli.

Kenapa mengganti nama domain ini saya tempatkan diurutan kedua, supaya dari awal kita ngeblog, nama domainnya sudah paten menggunakan domain TLD.

Pengalaman saya dulu, blog sudah jadi, sudah di isi artikel, sudah submit ke search console, baru ganti nama domain dengan domain TLD.

Hasilnya, migrasi URL artikel dari domain blogspot ke nama domain TLD butuh proses waktu lama dan harus kerja dua kali untuk kembali submit artikel.

Berdasarkan pengalaman itulah, saya sangat menyarankan untuk secepatnya mengganti nama bawaan dengan domain TLD.

Bagaimana proses mengganti dan memasang nama domain bisa dilihat di : Cara costum domain blogger dengan domain TLD  

Cara membuat blog muncul di google


Pada waktu mengganti nama domain pada langkah diatas, biar gak dua kali kerja, sekalian kita mendaftarkan blog ke google search console (google webmaster). Mungkin ada yang bingung, ke search console atau webmaster om?

Buat blogger kawakan pasti tidak asing dengan nama google webmaster, karena memang dulu namanya itu. Sekarang google webmaster sudah berganti nama menjadi google search console.

Kenapa di tahap ini kita mendaftarkan blog ke search console, karena kita harus memasang data TXT dari search console ke DNS record penyedia nama domain.

Agar kepemilikan nama domain kita menjadi sah dan domain TLD yang kita pasang bisa terindeks google.


cara membuat blog di blogger


Cara memasang Data TXT ke  DNS record penyedia nama domain sangat mudah. Langkah-langkahnya sudah saya tulis di artikel Cara mudah costum domain blogspot ke domain TLD. 

Cara membuat blog memiliki performa bagus


Setelah blog selesai dibuat, sesuaikan settingan blog agar tampilannya terlihat profesional. Hal ini sangat penting supaya blog yang kita kelola mempunyai kinerja maksimal.

Terutama semua yang ada di menu setelan, harus disesuaikan settingannya. 

Seperti menu setelan dasar, di mulai dari membuat deskripsi blog yang menggambarkan isi keseluruhan topik blog. Isikan deskripsi secara singkat namun detail dan mudah dipahami.

Menu tata letak juga harus disesuaikan, supaya tampilan blog terlihat menarik. Jangan memasang widget yang tidak perlu, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Standartnya yang harus ada di widget adalah popular post, label, arsip, tentang saya. Jangan menggunakan widget banyak-banyak, supaya kinerja blog tetap kencang. 

Membuat halaman statis di blog


Selanjutnya, kita harus membuat halaman contact, about, sitemap, privacy policy, dan disclaimer di blog. Cara membuatnya melalui menu halaman. Jika tidak kita buatkan link dan dipasang di blog, halaman ini tidak akan muncul.

Membuat kelima halaman diatas sifatnya wajib agar blog memiliki kredibilitas, bisa dipertanggung jawabkan isinya dan bisa menghasilkan uang.

Gambaran singkat masing-masing halaman :
  • Contact : Berisi siapa yang ada dibalik blog tersebut, alias si pengelola blog. 
  • About    : Berisi keeterangan dan pembahasan apa yang ada di dalam keseluruhan isi blog..
  • Sitemap : Merupakan daftar isi yang akan memudahkan pengunjung menemukan artikel
  • Privacy policy : Berisi dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan hukum terkait dengan isi blog.
  • Disclaimer : Keseluruhan isi konten di blog adalah karya kita sendiri.   

Cara membuat blog tertaut dengan Google Analytic


Untuk mengontrol kinerja blog dan memantau perkembangannya setiap hari, hubungkan blog ke Google Analytic. Jadi, kita tidak perlu membuka blog blogger setiap saat, setiap hari.

Banyak fitur-fitur di google analytic yang dapat membantu meningkatkan kinerja blog.

Berapa pengunjung yang mengunjungi blog kita bisa terpantau secara real time. Google Analytic merupakan alat pelacakan yang banyak digunakan blogger terkenal di indonesia maupun diluar negeri.

Darimana asal trafik blog bisa terdeteksi dengan baik. Negara asal pengunjung, gadget yang digunakan, berapa kali total kunjungan halaman, mengetahui bounce rate blog kita.

Dengan google analytic, kita bisa tahu artikel mana saja yang sering dikunjungi dan artikel mana saja yang sepi pengunjung.

Cara membuat blog memiliki postingan berkualitas


Jika semua langkah diatas sudah kita jalani satu persatu, blog yang kita buat sudah siap tempur untuk merangsek di page one google.

Optimasi blog sudah kita lakukan, sekarang saatnya mengisi blog dengan artikel-artikel berkualitas.

Membuat postingan blog untuk pertama kali, bisa kita lakukan dengan mudah. Namun, bagaimana supaya artikel yang kita buat bisa teroptimasi dan menjadi artikel yang berkualitas?

Saya tidak bicara isi konten, tetapi yang akan saya bagikan adalah pola artikel dan pengertian menu-menu di dalam postingan.

Seperti deskripsi penelusuran, memotong url yang kepanjangan, mengoptimasi gambar, menentukan label, dan sebagainya.

Penutup 


Demikian artikel mengenai cara membuat blog di blogger sudah saya paparkan panjang lebar. Saya buat panjang supaya lengkap, biar teman-teman mendapatkan pemahaman yang lengkap juga.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar cara membuat blog di blogger, bisa teman-teman tuliskan di kolom komentar. Salam sukses dan maju terus blogger Indonesia.

Salam
Protected by Copyscape
Panduan Ngeblog
Panduan Ngeblog Blogger Asli Indonesia

2 komentar untuk "Cara membuat blog di blogger untuk pemula"