Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara membuat alamat blog : Mudah masuk page one google

Cara membuat alamat blog terutama di blogger sangatlah mudah seperti cara membuat blog pada artikel saya yang dulu. Tapi, yang harus digaris bawahi disini adalah jangan sampai salah dalam menentukan url blog tersebut.

Kebanyakan blogger blogs pemula dan juga saya sendiri deh, pernah mengalami kesalahan dalam menentukan alamat blog saya. Nyeselnya itu setelah belajar seluk beluk dunia blogging. Oh, ternyata alamat blog itu harus sesuai dengan topik dan isi di dalam blog.

cara membuat alamat blog valid

Namanya juga masih pemula ya kan. Nah kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat alamat blog yang valid dan bisa memenuhi salah satu uneur SEO blog agar blog atau website kita mudah bersaing dengan kata kunci utama yang kita targetkan.

Cara membuat alamat blog yang benar

Di awal saya ngeblog dulu, saking senangnya dan pengin dikenal oleh teman-teman kalau saya punya blog, saya gunakan alamat blog yang menurut saya keren. “predatorjava.blogspot.com”

Namanya juga blog gratisan kan ya, bikin nama sesuka-suka hati aja lah, yang penting keren. Lalu mulai menulis cerita di blog dan berharap blog yang saya miliki bisa segera menghasilkan duit.

Tiap hari menulis artikel di blog tapi begitu mengintip trafik kok sepi. Dalam sehari paling hanya dilihat 10 kali. Itu pun karena saya buka sendiri. Kalau pun orang lain yang buka, ya teman-teman sendiri yang aku paksa untuk melihat.

Nah, setelah belajar sana-sini, baca sana sini, akhirnya mendapat satu kesimpulan bahwa alamat blog juga berperan penting dalam berperang mendapatkan posisi di halaman pertama google.

Akhirnya saya membuat strategi untuk membuat alamat blog yang akan membawa saya menang dalam persaingan memperebutkan page one google dan tentukan bisa menghasilkan duit nantinya.

Strategi membuat alamat blog

Ini murni strategi saya ya dan sudah saya praktekkan. Jika teman-teman mau ikut, ayo, langsung kita sedot.

1. Tentukan dulu tujuan membuat blog

Ini faktor penting yang harus dipegang sebelum mulai membuat blog. Tujuannya apa? Apakah mau membuat blog untuk bisnis, atau untuk sekedar mencurahkan pemikiran, atau untuk keperluan pembelajaran. 

Karena beda tujuan dalam membuat blog akan berbeda juga strateginya, termasuk pemilihan alamat blog yang akan digunakan. Misalnya kalau blog ini tujuannya untuk sharing dan berbagi panduan dalam membuat blog di blogger.

Maka alamat blog yang saya pilih harus berhubungan dengan tujuan saya tadi. Panduanngeblog.com menjadi pilihan, sesuai dengan maksud dan tujuan saya membuat blog.

Kalau hanya untuk mencurahkan perasaan hati atau untuk menyimpan tulisan pribadi ya sah-sah saja pakai nama dan alamat blog sembarangan.

2. Tentukan topik blog yang akan dibahas

Menentukan topik blog menjadi syarat kedua yang harus dicari terlebih dahulu. Ada banyak topik blog yang bisa teman-teman pilih. Tentukan dengan cermat dan bijak ya, kalau bingung nih lihat dulu beberapa topik blog yang paling banyak dikunjungi.

Misal ya, tujuan saya ngeblog untuk bisnis, intinya bisa mendapatkan uang dari blog lah. Pilihannya mau lewat iklan dari google adsense atau jualan produk, saya pilih iklan aja deh, karena gak punya produk.

Nah, saya akan menentukan topik blog yang memiliki nilai iklan yang tinggi. Atau bahasa sono nya itu CPC nya tinggi. Gak boleh asal-asalan, karena kalau salah menentukan topik, tujuan utama membuat blog nya tidak tercapai. Ini contohnya, 

membuat alamat blog

Ada trafik pencariannya dan ada CPC nya. Hehehehe

3. Tentukan judul blog yang akan digunakan

Setelah menentukan tujuan membuat blog dan menentukan topik blog, sudah bisa dipastikan ide untuk membuat alamat blog yang keren dan membanggakan sangatlah mudah.

Tujuannya membuat panduan dalam dunia blogging, topiknya mau membicarakan seputar cara membuat blog, maka judul blog yang saya pilih panduan ngeblog.

Terdengar simple tapi begitu diucapkan orang langsung ngerti bahwa ini blog yang berisi soal panduan bagaimana menjadi blogger indonesia yang bisa terkenal sampai manca negara, hehee.

Kebayang lah ya, jadi kalau point no 1 dan 2 sudah ketemu, untuk no 3 dan 4 tinggal menyesuaikan saja. Nanti ketika memilih alamat blog, baru tuh mikir lagi kalau alamat yang kita target ternyata sudah digunakan orang lain.  

4. Membuat alamat blog

Point 4 ini ya tinggal eksekusi saja. Karena judulnya panduan ngeblog, alamat blog nya ya langsung saja "panduanngeblog.blogspot.com"

Tapi karena tujuan saya membuat blog tadi adalah untuk mendapatkan duit dari adsense, maka saya memutuskan untuk menggunakan Top Level Domain supaya lebih ngejoss lagi. Pilihannya jatuh pada .com supaya bisa lebih luas lagi jangkauannya.

Kita tahu lah ya, kalau mau dapat duit ya harus punya trafik banyak. Disinilah tujuan utamanya. Soal cara memilih domain sudah saya buatkan juga artikelnya, bisa dilihat-lihat ya guys.

Oke, setelah melewati 4 tahap diatas, selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara membuat alamat blog di blogger.

Cara membuat alamat blog gratis

Pertama-tama kita buka dulu blogger. Bisa langsung klik https://blogger.com

Lalu pilih buat blog/blog baru di pojok kiri layar. Kita diminta untuk mengisikan judul blog terlebih dahulu.

cara buat alamat blogger

Lalu isikan judul blog yang sudah kita siapkan sebelumnya. Misalnya kita mau bikin blog tentang makanan dan tujuannya nanti untuk jualan. Kita pilih judul "makanan khas jawa" dan klik "berikutnya".

Kenapa memilih judul itu, karena memiliki trafik dan ada cpc nya. Gak percaya, nih

cara membuat alamat blogspot

Nah, strateginya begitu, lalu kita masukkan alamat blog.

cara membuat url blog

Nah, kan, disinilah letak kerumitannya. Terkadang alamat blog yang kita inginkan tidak tersedia. Tapi jangan khawatir, kita bisa menggunakan padanan kata yang tetap bisa menggambarkan judul dan topik blog kita.

Misalnya kita gunakan kata menu, karena masih berkorelasi dengan kata makanan. Jadinya "menu khas jawa", kita coba ya.

cara membuat alamat blog baru

Nah, muncul kan, alamat blog ini tersedia. Tinggal klik "simpan" dan jadi deh blog yang sesuai dengan tujuan, judul dan penargetan.

Mudahkan, tapi perlu diingat harus benar-benar di riset terlebih dahulu supaya bisa bersaing nantinya dalam peperangan kata kunci blog yang kita targetkan.

Oke sampai disini dulu pembahasan cara membuat alamat blog, semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan buat teman-teman semua. Saya panduan ngeblog, salam.  

Panduan Ngeblog
Panduan Ngeblog Blogger Asli Indonesia

Posting Komentar untuk "Cara membuat alamat blog : Mudah masuk page one google "