Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara pasang Google Analytic di blogger (blogspot)

Cara pasang Google Analytic di blogger

Cara pasang Google Analytic di blogger atau blogspot sangatlah mudah. Dengan menautkan blogger ke google analytic, performa blog bisa kita pantau dengan mudah. Banyak fungsi yang bisa kita dapatkan dan hasilnya jauh lebih akurat dibanding menggunakan statistik di menu blogger.

Lho, emang di blogger ada menu statistik nya ya mas? dimana? fungsinya untuk apa saja?

Lahh, ada dong om, statistik di menu bawaan blogger berfungsi untuk mengetahui jumlah pageviews per hari/bulan, sumber trafik blog, dan demografi pembaca atau dari mana saja mereka berasal.

Statistik-bawaan-blogger
Menu statistik bawaan blogger

Tapi menunya terbatas, maka saya sarankan gunakan Google Analytic saja, lebih lengkap dan sama-sama punya google, jadi bisa dipercaya kebenarannya.

Nah, jika mau serius jadi blogger yang super duper keren seperti admin panduan ngeblog ini, (promosi dikit) hehe, wajib hukumnya untuk menautkan blog ke Google Analytic.

Cara membuat akun Google Analytic


Sebelum menggunakan Google Analytic, kita harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya sangat mudah.

Langkah 1 : Masuk ke situs Google Analytic di https://analytics.google.com/ Lalu isikan email yang akan digunakan untuk pengaitan. Jika sudah akan terbuka tampilan awal seperti dibawah. Lalu klik "Mulai Mengukur"

tampilan-daftar-google-analytic

Langkah 2 : Ketikkan judul blog di isian nama akun. setelah itu scroll ke bawah dan klik "Berikutnya"

pembuatan akun google analytic

Lalu pilih apa yang mau diukur. Karena untuk blog, pilih "Web" lalu klik "Berikutnya"

pengukuran-google-analytic

Selanjutnya mengisi nama akun, url blog, kategori, zona waktu. Jika sudah klik "Buat"

buat akun google analytic

Langkah 3 : Mendapatkan ID pelacakan dan kode Javascript Google Analytic untuk di pasang di blog blogger.

id pelacakan google analytic

Dengan mengikuti 3 langkah di atas, akun Google Analytic sudah berhasil kita buat. Tugas selanjutnya adalah memasang ID pelacakan dan kode Javascript ke blog di blogger.

Cara memasang Google Analytic di Blogger


Sebenarnya, hanya memasang ID pelacakan di blogger saja sudah cukup, tanpa memasang kode Javascript. Tetapi, jika kita menggunakan template costum, sebaiknya tempelkan kodenya di dalam mode html blog. 

Panduan kali ini saya akan mencontohkan memasang 2 kode sekaligus, ID pelacakan dan kode Javascript ke dalam blog.

Langkah 1 : Masuk ke akun blogger, lalu klik menu "Setelan" dan pilih "Lainnya" Paste ID pelacakan (UA-161627761-1) ke kolom Google Analytic. Setelah selesai, klik "Simpan setelan" di pojok kanan atas.

memasang id pelacakan google analytic di blogger


Langkah 2 : Memasang kode javascript di html blog. Masuk ke menu "Tema" lalu pilih "Edit HTML" dan pastekan kode Javasricpt tepat dibawah kode <head>. Jika sudah klik Simpan tema

memasang kode javascript google analytic


Langkah 3 : Jika sudah, kembali ke web Google Analytic untuk mengecek apakah kode sudah tertaut dengan benar. Jika langkah diatas dilakukan dengan benar, akan ada laporan di analytic.

cek keberhasilan tautan google analytic

Nah begitulah, cara memasang kode Google Analityc ke blogger. Gampang kan? 

Perbedaan data statistik Blogger dengan Google Analytic


Jika sudah memasang Google Analytic di blog, data kunjungan dan data pendukung lainnya mulai bisa dilihat dan dipantau di google analytic. Tapi jangan heran ya, nanti datanya ada perbedaan dengan data statistik di Blogger.

Kalau kamu pasti lebih percaya sama yang memberikan data statistik lebih besar, ya kan? hahaha

Enggak bro, justru data statistik yang paling akurat adalah dari Google Analytic. Kenapa bisa begitu? Karena dia bisa membedakan pengunjung manusia dan pengunjung bukan manusia (BOT). Lain cerita dengan Blogger, semua yang mampir akan dicatat sama dia.

Maka jangan heran ya, kalau data statistik di Blogger jauh lebbih besar dibanding dengan data Google Analytic. Intinya, jangan percaya tukang PHP, wkwkwk

Penutup


Oke, sampai disini dulu panduan ngeblog tentang cara pasang google Analytic di Blogger (blogspot). Semoga bermanfaat dan maju terus blogger Indonesia. Salam

Panduan Ngeblog
Panduan Ngeblog Blogger Asli Indonesia

Posting Komentar untuk "Cara pasang Google Analytic di blogger (blogspot)"